Salsabila Zakiyah Iryanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

Satya Ku Dharmakan Dharma Ku Baktikan

Satya Ku Dharmakan Dharma Ku Baktikan

Satya Ku Dharmakan Dharma Ku Baktikan, kalimat yang sangat familiar yaitu sebagai motto gerakan Pramuka. Ditanamkan kepada seluruh anggota pramuka dan menjadi budaya organisasi, motto ini memiliki makna janji yang akan dilaksanakan sebagai kewajiban melalui perbuatan sebagai bukti pengabdian atau kesetiaan kepada Pramuka. Pramuka, dikenal dengan seragamnya berwarna coklat dan lambang tunas kelapanya.

Kegiatan baris-berbaris, membuat tandu, menghafal gerakan sandi morse serta menginap seperti jambore semua kegiatan tersebut yang sudah menjadi kegiatan yang lumrah di Pramuka. Banyak kenangan yang terkumpul dari setiap kegiatan pramuka, seperti berkumpul bersama regu, melatih kekompakan dalam regu, dan latihan bersama untuk persiapan lomba baris-berbaris.

SKU atau syarat kecakapan umum, mengisi buku SKU ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan golongan Usia Pramuka seperti golongan siaga, golongan Penggalang, golongan penegak dan golongan pandega. Waktu saya SMP, saya mengisi buku SKU untuk mendapatkan golongan siaga pada waktu kegiatan perjusa atau perkemahan Jumat-Sabtu. Perjusa ini adalah satu-satunya kegiatan yang saya ikuti semenjak saya menjadi anggota kepramukaan.

Mengapa perjusa adalah satu-satunya kegiatan yang saya ikuti? Dikarenakan kegiatan tersebut wajib dari pihak sekolah untuk diikuti oleh seluruh murid di sekolah itu titik saya juga berkesempatan untuk mengikuti lomba baris-berbaris untuk mewakili sekolah saya. Namun saya selalu digugurkan oleh pelatih saya dikarenakan fisik saya yang kurang kuat untuk latihan pendalaman baris-berbaris. Namun saya tetap senang dikarenakan bisa menambah pengalaman karena pernah mengikuti pendalaman latihan baris-berbaris untuk lomba di kepramukaan.

Saya juga pernah mengikuti kegiatan untuk membuat tandu. Setiap regu berisikan 5 orang, di situlah kekompakan dalam kerjasama kelompok diuji. Saya dan regu Saya bekerja sama untuk menguatkan tali di setiap bagian kerangka tandu. Setelah kerangka tandu itu sudah sepenuhnya jadi, pelatih Saya menyuruh saya untuk menjadi orang yang tidur ditandu itu lalu digotong oleh teman Regu saya, dan pada saat diangkat tandu yang kita buat pun kokoh sehingga dapat dinilai baik oleh pelatih saya karena sudah berhasil membuat tandu yang kuat.

Namun setelah pandemik COVID-19 datang, tidak ada lagi kegiatan kepramukaan yang bisa saya ikuti sampai saya lulus SMP. Sehingga saya dan seluruh anggota serta pelatih kepramukaan merindukan kegiatan-kegiatan dari kepramukaan. Namun pandemi ini tidak dalam waktu jangka pendek, sehingga pada angkatan saya lulus SMP kami hanya bisa mengenang dari kegiatan-kegiatan yang pernah kita lakukan bersama pada saat kepramukaan waktu itu.

Mengikuti kegiatan pramuka ini dapat melatih kemampuan dalam berorganisasi, yang dapat berguna untuk memiliki kemampuan lebih mudah bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain termasuk regu kelompok. Memiliki kemampuan sosialisasi yang baik dapat membantu kita lebih mudah untuk menunjukkan kemampuan yang terbaik.

Profil penulis

Nama pena yang berjudul “Satya Ku Dharmakan Dharma Ku Baktikan”, Salsabila Zakiyah Iryanti yang lahir pada Makassar 18 februari 2006. Siswi dari SMK Al Muslim kelas 10 berjurusan Akuntansi.

Email : salsabilazakiyahiryanti@gmail.com

Nomor WA : 08998115845

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali